Sabtu, 09 Desember 2017

Lawar Karumbaneq

Karumbaneq merupakan salah satu seefood yang mudah kita temukan di sekitar empang berlumpur dan di antara pohon-pohon mangrove.

Salah satu habitat kerang ini ada di dusun Gonda Desa Laliko kecamatan Campalagian. Mengapa demikian karena diarea ini merupakan habitat asli pohon bakau atau pohon mangrove...

Untuk mengambil kerang ini waktu yang tepat adalah saat air surut yaitu sekitar tengah hari hingga menjelang ashar. Karena habitatnya di daerah empang berlumpur maka diperlukan perjuangan lebih saat mencarinya. Kaki tenggelam di lumpur sudah pasti tapi itulah yang membuat pencarian karumbaneq menjadi seru.

Selain mudah didapatkan, karumbaneq juga sangat lezat untuk di santap. Bisa ditumis atau dibuat lawar seperti di bawah ini.

Bahan utama
1. Karumbaneq (seefood)
2. Parutan Kelapa mentah
3. Air

Bahan Bumbu
1. Cabai kecil
2. Bawang merah
3. Jeruk Nipis (atau belimbing)
4. Garam

Cara membuat
1. Cuci bersih karumbaneq hingga bersih lalu masukkan kedalam belanga dan beri air hingga karumbaneq teremdam semua lalu masak hingga mendidih.
2. Angkat karumbaneq dari belanga lalu dinginkan
3. Siapkan alat untuk membuka cangkang karumbaneq, kita boleh memakai batu dan lesung.
4. Setelah semua cangkang terpisah dari isinya, cuci bersih kembali isinya agar tidak ada pecahan cangkang yang tersisa.
5. Tumbuk cabai kecil, bawang merah dan garam hingga halus
6. Lalu masukkan kelapa hingga sedikit hancur tapi jangan sampai halus yah.
7. Iris kecil-kecil karumbaneq yang sudah bersih tadi lalu campur dengan bumbu yang sudah dibuat beri sedikit perasan jeruk nipis, kemudian aduk merata lalu siap di santap.

Karumbaneq juga sangat enak jika dibakar namun satu hal yang harus di perhatikan, jangan memakan karumbaneq dalam jumlah banyak karena akan membuat perut kita sakit, serta untuk yang punya alergi lambung dengan seefood jenis ini jangan coba-coba yah ! Atau kalian akan berurusan dengan peyakit diare.

Ada satu metode untuk meminimalisir agar kita tidak sakit perut saat mengkonsumsi karumbaneq yaitu karumbaneq yang sudah kita ambil diempang jangan langsung dimasak, biarkan sampai semalam dulu, agar supaya lumpur-lumpur didalamnya keluar terlebih dahulu. Keesokan harinya barulah kalian cuci bersih lalu diolah.

Selamat mencoba.!!!



Karumbaneq yang sudah dibersihkan
(foto : Misma Anas)
Lawar Karumbaneq
(foto : Misma Anas)

1 komentar: