Senin, 17 Juli 2017

Berbagi resep "Tumis Balacang/Sambal Balacang pembangkit Nafsu Makan"

Balacang dalam bahasa mandar yang berarti udang kecil-kecil, dalam bahasa indonesia disebut "rebon". Bentuk fisik dari Balacang sama seperti udang pada umumnya namun berukuran sangat kecil sekitar 1-3 centimeter. Balacang yang berukuran kecil dan transparan ini bisa diolah menjadi abon, terasi, kerupuk udang dan masakan lainnya. 

Banyak yang tidak tau dibalik ukurannya yang kecil balacang atau rebon ini memiliki gizi yang cukup tinggi, Seperti protein, Lemak,  karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B1, Dan air. Sehingga sangat baik di konsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan.   

Menurut cermat penulis dengan kandungan gizi yang cukup komplit didalam balacang/rebon ditambah lagi dengan harganya yg relatif murah di pasaran, bisa menjadi solusi untuk para ibu rumah tangga dalam memenuhi gizi keluarga. Namun ada satu hal yang harus di perhatikan buat bunda dan keluarga yang memiliki riwayat alergi terhadap makanan seperti udang, sesekali mengkonsumsi rebon boleh saja asal jangan keseringan yah.!

Balacang kering sangat mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional dan harganya pun relatif murah, dengan uang Rp. 5000 rupiah saja kalian sudah dapat setengah liter balacang kering. Sedangkan untuk membuat tumis balacang yang cukup banyak kalian bisa menggunakan seperempat liter saja. 

Selain baik untuk pertumbuhan anak balacang juga dapat meningkatkan nafsu makan, cita rasanya yang gurih dan khas membuat kita tergoda untuk nambah dan nambah lagi, hehehhe,  kalau tak percaya coba saja.

Dibawa ini penulis berbagi resep pembuatan tumis balacang atau sambal balacang. 

Bahan
1. Balacang (udang kecil/rebon kering) 
2. Tomat
3. Merica
4. Cabe besar,  kecil,  keriting
5. Bawang merah dan bawang putih
6. Garam
7. Gula
8. Air
9. Minyak

Cara membuat
1. Goreng balacang (rebon) lalu tiriskan
2. Iris-iris tomat
3. Tumbuk sampai halus merica, cabe besar, kecil, keriting, bawang merah, bawang kecil dan garam. 
4. Siapkan wajan, masukkan minyak goreng lalu tumis bumbu halus, masukkan tomat beri sedikit gula dan air. 

5. Setelah setengah matang baru masukkan balacang (udang kecil-kecil) yang telah digoreng tadi lalu siap disajikan.


Bumbu yang digunakan
(foto:Misma Anas)

Tumis Balacang/Sambal Balacang
(Foto : Misma Anas)

Balacang yang belum diolah
(foto:Misma Anas) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar